3 Cara Menghentikan Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang Di Android

Hai sobat, Kali ini saya akan membagikan trik 3 Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang Android tanpa root.

Dengan menggunakan cara ini, sobat bisa melihat serta menonaktifkan aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM dan baterai Android. Nantinya performa Android lebih optimal dan baterai tidak cepat habis. Kalau sobat ingin tahu caranya, silahkan baca sampai selesai artikel ini, Ok !!

Tidak perlu khawatir tentang aplikasi latar belakang di ponsel Android – ini bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan, bisa dilakukan dengan mudah jika Anda tahu caranya. Berikut adalah tiga tip untuk membantu Anda menghentikan aplikasi latar belakang agar tidak terjadi:

Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM dan baterai Android

Sebelum menonaktifkan aplikasi di latar belakang sobat harus tahu dahulu aplikasi-aplikasi yang banyak menggunakan RAM dan baterai Android, walaupun aplikasi tersebut tidak pernah sobat digunakan. Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan RAM dan baterai sebagai berikut:

1. Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM

Cara Menghentikan Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang Di Android

Aktifkan opsi atau pilihan pengembang Android. Cara mengaktifkan opsi atau pilihan pengembang Android buka Pengaturan Android > cari menu Tentang perangkat atau Tentang ponsel > klik Info perangkat lunak >> lalu klik Nomor versi sebanyak 7 kali.

Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM

Jika Opsi atau Pilihan pengembang sudah aktif langsung saja di buka > cari Menjalankan layanan akan  muncul list aplikasi yang menggunakan memori RAM >> lalu lihat aplikasi yang banyak menggunakan memori RAM Android.

2. Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan baterai

Cara melihat aplikasi yang banyak menggunakan baterai Android buka Pengaturan Android > cari menu Penggunaan baterai > Akan muncul aplikasi yang banyak menggunakan baterai Android >> lalu lihat aplikasi yang banyak menghabiskan baterai Android.

Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang Android

Ada 3 cara untuk menghentikan atau menonaktifkan aplikasi agar tidak terus berjalan di latar belakang Android.

1. Menggunakan manajer aplikasi

Cara Menghentikan Aplikasi dengan Menggunakan manajer aplikasi

Cara menghentikan aplikasi menggunakan manajer aplikasi buka Pengaturan Android > cari Manajer atau Manajemen aplikasi > cari aplikasi yang sedang berjalan atau aplikasi aktif > pilih aplikasi yang ingin nonaktifkan >> lalu klik Paksa berhenti.

2. Menggunakan aplikasi tambahan

Terlebih dahulu download dan instal aplikasi Advanced task manager dan Pemberhenti aplikasi di Play Store atau melalui ikon di bawah ini.

Cara menghentikan aplikasi menggunakan aplikasi Advanced task manager dan Pemberhenti aplikasi sebagai berikut: Buka aplikasi Advanced task manager > centang aplikasi yang ingin di hentikan >> lalu klik Boost atau buka aplikasi Pemberhenti aplikasi > centang aplikasi yang ingin dihentikan >> lalu klik Memberhentikan aplikasi.

3. Membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang

Membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang

Cara membatasi aplikasi yang di izinkan berjalan di latar belakang Android buka Opsi atau Pilihan pengembang Android > cari Batasi proses latar belakang > pilih jumlah proses maksimal aplikasi yang dizinkan di latar belakang. Kalau ingin tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang pilih tanpa proses latar belakang.

Selama aplikasi dihentikan, Sobat tidak akan menerima notifikasi atau pemberitahuan terbaru dari aplikasi yang di hentikan.

Jika tiga tips diatas belum berhasil, kamu bisa coba beberapa tips cara menghentikan aplikasi berjalan hp Android dibawah ini

Tips Tambahan

1. Perbarui perangkat ke Versi Android Terbaru

Android 11 adalah pembaruan yang bagus untuk pengguna, karena memiliki banyak fitur manajemen daya hebat yang membatasi aplikasi latar belakang dan memperpanjang masa pakai baterai ponsel Anda. Tentu, Android 12 diluncurkan dengan lambat, tetapi belum dapat diakses oleh semua pengguna. Sebaliknya, Android 11 menawarkan fitur hebat yang membuat pembaruan lebih bermanfaat bagi pengguna.

2. Periksa apa yang membuat Baterai cepat habis

Untuk mengetahui aplikasi mana yang menguras baterai Anda, buka Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai. Anda akan mendapatkan daftar akurat hingga dua tempat desimal tentang apa yang menguras baterai Anda.

Saat Anda menggunakan aplikasi lebih sering daripada yang Anda inginkan, penting untuk mengetahui aplikasi apa pun yang menggunakan lebih dari sebagian kecil baterai Anda. Ini dapat mencakup aplikasi yang tidak dikenal atau tidak sah, yang dapat menghabiskan daya dengan cepat dan membuang waktu dan uang.

Cobalah untuk mencopot pemasangan aplikasi yang berpotensi berbahaya atau tidak perlu sebelum tidur sehingga Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk aktivitas yang menghabiskan banyak energi.

3. Hentikan aplikasi atau hapus aplikasi background

Jika Anda tidak yakin di mana masalahnya pada ponsel Anda, Anda dapat mencoba mencopot pemasangan aplikasi dan memasangnya kembali. Anda juga dapat mencoba menggunakan peluncur atau perangkat lain, atau menggunakan versi aplikasi yang lebih baru.

Jika semua solusi tersebut tidak berhasil, Anda mungkin perlu menghubungi operator atau produsen untuk meminta bantuan.

Demikian tips dan trik Cara Menghentikan Aplikasi yang berjalan di Hp Android, Baca tips lainnya yang masih berhubungan dengan artikel ini yakni Cara ScreenShot Samsung A32 4G 2022 Dengan Mudah. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat, Salam.