Nokia G21 Harga Baru Bekas dan Spesifikasi Terbaru 2022

Brand Nokia yang saay ini di pegang oleh HMD Global, Baru-baru ini meluncurka Nokia G21 di Eropa, Untuk kamu yang yang sudah tidak sabar untuk membeli smartphone ini, Nampaknya harus bersabar karena belu rilis di Indonesia.

Ponsel ini dikabarkan akan dijual dengan harga Rp 2 jutaan dan mengusung tiga kamera belakang dengan resolusi kamera utama 50MP. Nokia G21 tersebia dalam dua varian kapasitas RAM yakni RAM 4/6GB dengan kapasitas penyimpanan 64GB&128GB.

Harga Nokia G21

Harga Nokia G21 Baru dan Second 2022

Berikut adalah update harga Nokia G21 baru dan bekas atau second terbaru 2022

  • Harga Baru 4/64GB: 12.999 Rupe atau sekitar Rp 2,4 juta
  • Harga Baru 6/128GB: 14.999 Rupe atau sekitar Rp Rp 2,8 juta
  • Harga bekas: Rp.0

Harga Nokia G21 terbaru diatas adalah harga yang sudah dilincurkan di India dan di simulasikan ke harga Rupian, Karena memang smartphone ini belum Rilis di Indonesia.

Nokia baru merilis smartphone tersebut di pasar Eropa dan India, Namun tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat smartphone tersebut bisa diboyong ke Indonesia untuk bersaing dengan Brand asal China seperti OPPO dan Brand lain yang juga populer seperti Realme.

Nokia G21 diumumkan pada Februari 2022, bersama dengan Nokia G11 yang memiliki harga lebih murah. Tetapi memiliki spesifikasi kamera yang lebih rendah, dan mungkin layak dipertimbangkan jika kamu mencari smartphone hanya untuk pemakaian dasar.

Spek Nokia G21 2022 [Detail]

ModelNokia G21
JaringanGSM / HSPA / LTE
Layar6.5 inches IPS LCD, 90Hz
ProcessorUnisoc T606 (12 nm)
RAM3 & 4GB
Memori internal64GB & 128GB
SoftwareAndroid 11
Kamera utama50 MP, f/1.8, 2 MP (macro), 2 MP (depth)
Kamera depan8 MP, f/2.0, (wide)
Dimensi & Berat164.6 x 75.9 x 8.5 mm, Berat: 190g
BatteryLi-Po 5050 mAh, Fast battery charging 18W
NFCYes
Fitur lainDual SIM (Nano-SIM), Fingerprint, Bluetooth, GPS, accelerometer, proximity

Spesifikasi Body

Anda tidak akan pernah bingung membedakan ponsel murah seperti Nokia G21 dengan ponsel kelas atas, tetapi ada kejujuran dalam desain entry-level Nokia.

Nokia G21 memiliki casing bagian belakang yang terbuat dari bahan plastik yang sedikit bergelombang, Secara tampilan tidak ada lapisan cahaya agar terkesan mewah, jadi penampilannya agak sederhana.

Pada smartphone generasi sebelumnya, Nokia memilih frame melingkar untuk kamera. Nokia G21 hadir dengan persegi panjang melingkar sederhana yang terletak di salah satu sudut perangkat tersebut.

Spesifikasi 6.5 inches IPS LCD

Nokia G21 dibekali dengan layar lebar 6.5 inch resolusi HD+ dengan dukungan refresh rate 90 Hz serta touch sampling rate 180 Hz.

Spesifikasi layar yang diusung Nokia G21 memiliki tingkat kecerahan 400 nits, Nilai ini lebih rendah dari kebanyakan smartphone di range harga yang sama, mereka sudah mengusung teknologi layar dengan tingkat kecerahan 600 nits.

Jika Anda ingin tampilan yang lebih baik, cari ponsel Realme dan Xiaomi. Jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 10 yang menawarkan warna superior, resolusi lebih tinggi, dan kecerahan maksimum yang lebih baik. Namun, Anda mungkin perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kecerahan lebih dari 600 nits yang menurut kami minimum untuk layar ponsel yang benar-benar serbaguna.

Prosesor Unisoc T606 RAM 3/4GB

Nokia G21 didukung dengan prosesor Unisoc T606 yang menurut kami agak tidak biasa, T606. SoC entry-level hanya digunakan di ponsel murah seperti Samsung Galaxy A03 atau bahkan Redmi 5A dan Nokia G11.

Spesifikasi Nokia G21

Hasil benchmark mendapat skor 1157-1164 di Geekbench 5, hasil ini jauh di bawah ~ 1640 yang dapat dicapai dalam ponsel yang menampilkan Snapdragon 480 yang merupakan salah satu prosesor 5G entry-level Qualcomm.

Prosesor Unisoc T606 dikombinasikan dengan penyimpanan internal yang dapat membaca/menulis dengan kecepatan hanya sekitar 120MB/s, performa smartphone ini sedikit mengalami perlambatan saat menavigasi melalui aplikasi yang tidak di-cache di RAM ponsel. Dan karena model Nokia G21 hanya hadir dengan RAM 3/4GB, model ini tidak dapat menjalankan banyak aplikasi secara cepat.

Menurut kami performa Nokia G21 tidak menarik dari sektor dapur pacu Prosesor Unisoc T606, tidak ada yang diharapkan lebih dari prosesor tersebut.

Review Kamera Utama 50MP

Kamera adalah alasan utama untuk membeli Nokia G21 daripada Nokia G11. Ponsel ini dilengkapi dengan sensor utama 50MP, yang tampaknya menjadi sebuah smartphone Nokia terbaru dengan resolusi tinggi di minggu ini, hal ini terlihat di ponsel andalan seperti Samsung Galaxy S22.

Namun, Nokia G21 membawa kinerja kamera suara ponsel sektor kelas bawah. hasil jepretan kamera di siang hari cukup bagus, pemrosesan HDR yang solid, dan warna yang terlihat cukup alami, meskipun mungkin sedikit “kurang sempurna”.

Sementara untuk sektor kamera depan, Nokia G21 dibekali dengan kamera selfie dengan sensor 8MP seperti kebanyakan smartphone entry-level dikelasnya.

Kapasitas Battery 5050 mAh Dukungan Fast Charging

Nokia G21 memiliki baterai berkapasitas tinggi 5.050mAh yang diklaim Nokia dapat bertahan hingga tiga hari dalam sekali pengisian daya. Menurut kami klaim baterai bertahan dua hari masih wajar yang kami dengar, Namun jika bertahan dalam 3 hari menurut kami itu adalah klaim berlebih.

Kebanyakan orang mungkin tidak akan bisa bertahan selama itu, Apalagi jika sering di pakai untuk aktivitas menonton video atau Game. Kamu akan sering melakukan cherger jika penggunaan smartphone tersebut nonstop.

Tiga puluh menit bermain game berat akan menghabiskan 7% baterai, yang menunjukkan bahwa pengisian penuh akan memakan waktu lebih dari tujuh jam. Sekali lagi, ini luar biasa.

Kesimpulan

Daya tahan baterai Nokia G21 yang lama adalah solusi sempurna untuk orang mempunyai mobilitas tinggi untuk penggunaan smartphone. Namun opsi lain dengan budget Rp 2 jutaan dan memiliki kapasitas baterai 5000 mAh, Kamu perlu baca review Realme C35, Smartphone ini layak menjadi pertimbangan untuk dibeli.

Biaya rendah adalah alasan sebenarnya untuk memilih Nokia G21. Ini adalah ponsel yang cukup murah, meskipun Anda dapat menghemat lebih banyak dengan membeli Nokia G11, Tetapi dilengkapi dengan kamera yang lebih rendah.

Solusi lain kamu bisa coba Smartphone Xiaomi dengan type Redmi 7 yang dibandrol dengan harga 1.7 jutaan saja.