Tata Cara Shalat Istikharah: Panduan Lengkap dan Terperinci

Adinda

Halo pembaca setia! Apa kabar? Kali ini, saya akan membahas tentang tata cara shalat istikharah. Shalat istikharah adalah salah satu doa yang sangat penting dalam agama Islam. Dengan melaksanakan shalat istikharah, kita meminta petunjuk kepada Allah SWT ketika akan mengambil keputusan penting dalam hidup. Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang tata cara melaksanakan shalat istikharah.

Sebelum kita memulai, mari kita bahas sedikit tentang arti istikharah. Istikharah berasal dari kata “istikharah” dalam bahasa Arab yang berarti meminta petunjuk kepada Allah SWT. Shalat istikharah dilakukan ketika kita berada dalam situasi di mana kita harus membuat keputusan penting, seperti menikah, memilih pekerjaan, atau mengambil keputusan besar lainnya. Dalam shalat istikharah, kita memohon kepada Allah untuk memberikan petunjuk yang terbaik bagi kita. Dengan melakukan shalat istikharah dengan benar, kita akan mendapatkan kejelasan dan kenyamanan dalam mengambil keputusan tersebut.

1. Persiapan sebelum Shalat Istikharah

Sebelum melaksanakan shalat istikharah, ada beberapa persiapan yang perlu kita lakukan. Pertama, kita harus berwudhu dengan sempurna. Wudhu adalah salah satu syarat sah dalam melaksanakan shalat. Kedua, kita harus memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat istikharah. Waktu yang disarankan adalah setelah shalat sunnah malam, sebelum shalat sunnah witir. Ketiga, kita harus mempersiapkan tempat yang tenang dan khusyuk untuk melaksanakan shalat istikharah. Pastikan tempat tersebut bebas dari gangguan dan sesuai untuk beribadah.

Setelah melakukan persiapan ini, kita siap untuk melaksanakan shalat istikharah dengan benar. Mari kita lanjut ke tahap berikutnya.

2. Niat Shalat Istikharah

Sebelum memulai shalat istikharah, kita harus berniat dalam hati untuk melaksanakan shalat ini. Niat harus ikhlas dan tulus, hanya untuk mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Niat merupakan langkah awal yang sangat penting dalam melaksanakan shalat istikharah. Selanjutnya, mari kita lanjut ke tahap berikutnya.

Ringkasan: Persiapan sebelum shalat istikharah dan pentingnya niat dalam melaksanakan shalat ini.

3. Membaca Niat Shalat Istikharah

Setelah bersuci dan berniat, kita mulai shalat istikharah dengan membaca niat. Niat shalat istikharah dapat dibaca dalam hati atau dengan lisan. Intinya adalah kita menyatakan niat untuk melaksanakan shalat istikharah dengan jelas dan tulus. Membaca niat ini merupakan langkah awal dalam memulai shalat istikharah.

Ringkasan: Langkah awal dalam melaksanakan shalat istikharah adalah membaca niat dengan jelas dan tulus.

4. Melakukan Rakaat Pertama dan Membaca Doa Iftitah

Setelah membaca niat, kita mulai melaksanakan shalat istikharah dengan melakukan rakaat pertama. Rakaat pertama dilakukan seperti rakaat pertama dalam shalat sunnah lainnya. Setelah takbiratul ihram, kita membaca doa iftitah. Doa iftitah adalah doa yang dibaca saat kita berdiri di awal shalat. Doa ini mengandung pujian dan permohonan ampunan kepada Allah SWT. Membaca doa iftitah dengan khusyuk adalah langkah penting dalam melaksanakan shalat istikharah.

Ringkasan: Melaksanakan rakaat pertama dan membaca doa iftitah dengan khusyuk dalam shalat istikharah.

5. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek

Setelah membaca doa iftitah, kita melanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek dalam rakaat pertama. Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Quran dan wajib dibaca dalam setiap rakaat. Setelah membaca surat Al-Fatihah, kita bisa membaca surat pendek seperti surat Al-Ikhlas atau surat-surat pendek lainnya. Membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek ini dengan tartil dan tajwid yang benar adalah langkah penting dalam melaksanakan shalat istikharah.

Ringkasan: Membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek dengan tartil dan tajwid yang benar dalam shalat istikharah.

6. Rukuk dan Sujud Pertama

Setelah membaca surat pendek, kita melanjutkan dengan rukuk. Rukuk adalah posisi membungkuk dalam shalat. Ketika rukuk, kita membaca doa rukuk dengan khusyuk. Setelah rukuk, kita melakukan sujud pertama. Sujud adalah posisi menyentuhkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki ke lantai. Ketika sujud, kita membaca doa sujud dengan penuh khusyuk.

Ringkasan: Melakukan rukuk dan sujud pertama dengan membaca doa-doa yang sesuai dalam shalat istikharah.

7. Bangkit dari Sujud dan Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama, kita bangkit dari sujud dan duduk di antara dua sujud. Duduk di antara dua sujud adalah posisi duduk singkat yang dilakukan setelah sujud pertama sebelum melakukan sujud kedua. Ketika duduk di antara dua sujud, kita membaca doa duduk di antara dua sujud dengan khusyuk.

Ringkasan: Melakukan bangkit dari sujud dan duduk di antara dua sujud dengan membaca doa yang sesuai dalam shalat istikharah.

8. Sujud Kedua dan Duduk di Akhir Rakaat

Setelah duduk di antara dua sujud, kita melanjutkan dengan sujud kedua. Sujud kedua dilakukan seperti sujud pertama. Setelah sujud kedua, kita duduk di akhir rakaat. Duduk di akhir rakaat adalah posisi duduk yang dilakukan setelah sujud kedua. Ketika duduk di akhir rakaat, kita membaca doa duduk di akhir rakaat dengan khusyuk.

Ringkasan: Melakukan sujud kedua dan duduk di akhir rakaat dengan membaca doa yang sesuai dalam shalat istikharah.

9. Tasyahud Akhir dan Salam

Setelah duduk di akhir rakaat, kita melanjutkan dengan tasyahud akhir. Tasyahud akhir adalah doa yang dibaca ketika duduk di akhir rakaat. Setelah tasyahud akhir, kita mengucapkan salam untuk mengakhiri shalat. Salam dapat dilakukan dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri, atau dengan mengucapkan salam dengan lisan. Ketika mengucapkan salam, kita harus benar-benar yakin dan khusyuk.

Ringkasan: Membaca tasyahud akhir dan mengucapkan salam dengan yakin dan khusyuk dalam shalat istikharah.

10. Doa Setelah Shalat Istikharah

Setelah melaksanakan shalat istikharah, ada doa yang dapat kita bacakan untuk memohon petunjuk dariAllah SWT. Doa ini adalah doa istikharah yang sangat penting setelah selesai melaksanakan shalat. Dalam doa istikharah, kita memohon kepada Allah untuk memberikan petunjuk yang terbaik bagi kita dalam mengambil keputusan. Doa ini harus dilakukan dengan hati yang ikhlas dan penuh kepercayaan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini setelah shalat, kita menunjukkan bahwa kita benar-benar mengandalkan Allah dalam setiap keputusan hidup kita.

Ringkasan: Membaca doa istikharah setelah shalat istikharah sebagai bentuk memohon petunjuk dari Allah dalam mengambil keputusan.

Dalam kesimpulan, shalat istikharah adalah salah satu doa yang penting dalam agama Islam. Dengan melaksanakan shalat istikharah dengan benar, kita memohon petunjuk dari Allah SWT ketika akan mengambil keputusan penting dalam hidup. Dalam artikel ini, kita telah membahas tata cara shalat istikharah secara lengkap dan terperinci. Mulai dari persiapan sebelum shalat, niat, membaca doa, gerakan-gerakan dalam shalat, hingga doa setelah shalat. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang jelas dan bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa untuk selalu mengandalkan Allah dalam setiap keputusan hidup kita. Semoga kita senantiasa mendapatkan petunjuk-Nya yang terbaik. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment